Waktu Kuliah Dulu

 



WAKTU KULIAH DULU.


Kami pernah di ajar oleh seorang dosen yg kelewat CERDAS. Beliau adalah seorang PROFESOR senior yg, kalau anda berbicara dengannya anda akan sadar seperti apa kecerdasannya.


Kami memanggil beliau dengan sebutan Prof Sus. Karena nama lengkapnya adalah Profesos Soesilo. Nama yg sangat sederhana bukan? Se sederhana kepribadiannya.


Agar tetap hidup sederhana, beliau menolak semua jabatan akademis. Beliau pernah berpesan pada kami bahwa, jika ingin awet sehat maka resepnya hanya 3. JAMU JATI KENDI.


Apa itu?

JAGA MULUT, JAGA HATI, dan KENDALIKAN DIRI. Suatu kalimat yg sederhana, mudah di ingat, mudah di ucap, namun sangat sulit untuk dipraktekkan.


Salah satu yg membuat kami pada akhirnya sepakat menjuluki beliau sebagai orang yg kelewat cerdas yaitu saat momen seminar hasil penelitian salah satu sahabat kami yg berasal dari TARUTUNG.


Kala itu setelah berbusa busa menjelaskan hasil penelitiannya, sahabat kami mendapatkan komentar dari Prof. Satu kalimat sederhana saja, yaitu : IBARAT SOTO, TESISMU INI KEBANYAKAN KUAH KURANG DAGING.


Alamaak, kami langsung paham apa maksud beliau.


Jika diuraikan secara kontekstual, maka kalimat kebanyakan kuah kurang daging berarti:

1. Tesis tersebut terlalu banyak sampiran, kurang isi.

2. Tesis tersebut terlalu panjang menjelaskan teori pendukung, namun kurang detail dalam menjelaskan hasil penelitian.

3. Tesis tersebut terlalu banyak mengulas BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, sementara ulasan BAB V nya sangat terbatas, tidak sebanding dengan banyaknya BAB I - BAB IV.

4. Tesis tersebut di uraikan kurang mendalam. Ibarat kolam yg luas namun dangkal. Padahal seharusnya suatu tesis kualitatif layaknya sumur, yg sempit namun mendalam.

5. Tesis tersebut terlalu banyak memuat teori pendukung, namun sangat sedikit teori yg digunakan untuk mengupas fokus masalah penelitian.


Kalimat kalimat panjang dan sulit dipahami tersebut mampu sang Profesor rangkum dalam satu kalimat sederhana, yaitu : IBARAT SOTO, KEBANYAKAN KUAH KURANG DAGING.


Hebat, keren, cerdas, jenius.

Memang ciri cirinya adalah MAMPU MENJELASKAN SUATU HAL YG RUMIT, SULIT, PELIK, SUSAH, menjadi kalimat yg SEDERHANA dan MUDAH DIPAHAMI.


Pada akhirnya, karakter dosen tersebut tetap kami kenang. Berusaha kami terapkan dalam kehidupan sehari hari dan inilah hasilnya sangat luar biasa.


Meskipun saya dan beliau berbeda passion, beliau dalam bidang akademik dan saya di bidang ilmu supranatural. Setidaknya, saya menjadi mampu untuk menjelaskan hal yg rumit dan ghoib, menjadi bahasa yg kekinian sehingga bisa dipahami dengan mudah oleh pemahar.


Wahai Profesor, jasamu sungguh luar biasa. Engkaulah sumber inspirasi bagi kami. Salam hormat dan kangen untuk para dosen kami tercinta. Semoga tetap sehat dan sukses selalu


Tulisan Oleh:

Padepokan Sengkelat

RAJANYA AZIMAT !!!

0858 555 66 442

0858 555 66 442

0 Komentar