Meditasi

Saya ingin sedikit membahas masalah meditasi..

Meditasi, merupakan suatu proses mengheningkan cipta, berdiam diri merasakan alam dan diri sendiri..

Dilakukan dg cara duduk bersila, tangan rileks mengepal di atas paha..
Dg posisi kepalan tangan di atas dengkul/lutut..

Versi lain, boleh dg telapak tangan yg membuka, bukan mengepal..

Nafas yg dilakukan adl nafas segitiga, yaitu suatu proses tarik nafas, tahan nafas, dan hembuskan nafas yg dilakukan dalam hitungan yg sama..

Misal tarik nafas 4 hitungan, tahan juga 4 hitungan, keluarkan juga 4 hitungan..
Dilakukan terus menerus selama proses meditasi berlangsung..

Meditasi sendiri biasanya saya lakukan dg menghilangkan fokus fikiran, membiarkan fikiran mengembara sesuai alur batin, tidak dikunci, tidak dicari, tidak dikekang, tidak difokuskan, tidak dipaksa-paksa, tidak dipatok, tidak segala-galanya..

So, just let it go..

Meditasi pun dilakukan tanpa batasan, harus sekian menit atau sekian jam..
Sama sekali tidak..

Biarkan meditasi berjalan semampunya, senikmatnya..

Meditasi sendiri memiliki 3 tujuan dalam pelaksanaannya, yaitu:
1. Mencapai fokus
2. Mencapai rileks
3. Mencapai kenyamanan..

Itulah kenapa saya tidak pernah membatasi diri saat meditasi..

Misal..
Saya takut gelap, maka meditasi saya lakukan siang hari..
Atau jika malam, saya nyalakan lampu..
Supaya apa?
Supaya saya bisa fokus dan nyaman meditasi nya..
Karena saya takut gelap

Misal, saya meditasi suka yg sunyi..
Maka saya meditasi di tengah kuburan, yg sepi..
Atau di tengah hutan
Atau tengah malam saat orang lain tidur..
Atau tanpa suara2 berisik, tanpa musik dll
Demi apa?
Demi fokus, karena saya fokus jika sunyi

Misal
Saya meditasi kurang bisa fokus kalau sepi, malah jadinya ngantuk
Maka saya meditasi sambil nyetel musik..
Dan itu boleh saja
Pilih musik2 kalem, jangan dangdut koplo
Tar ikutan goyang2 malah g jadi meditas

Padepokan Sengkelat..
08533 0000 442
08533 0000 442